Niantic Umumkan Gim AR Baru, ‘Harry Potter: Wizards Unite’

Harry Potter: Wizards Unite akan membawa pengguna menjelajahi dunia sihir Harry Potter dan Fantastic Beasts menggunakan teknologi AR yang dikembangkan Niantic, pelopor gim Pokèmon Go.

Pilihan

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji...

Harry Potter: Wizards Unite, sebuah gim ponsel berbasis AR, atau Augmented Reality, yang terinspirasi dari dunia fiksi karya J.K. Rowling, akan dirilis tahun ini. Gim tersebut sedang dikembangkan oleh Portkey Games dan Niantic Labs, yang juga merupakan pengembang dari gim AR populer Pokèmon Go.

Melalui akun Twitter dan situs resminya, Niantic dan WB Games, sebagai induk perusahaan Portkey Games, merilis cuplikan video untuk gim Wizards Unite, termasuk tangkapan layar, cuplikan permainan, dan detail lainnya. Dilihat dari cuplikan tersebut, gim ini sepertinya akan menerapkan sistem permainan yang hampir sama dengan Pokèmon Go, dan menampilkan karakter serta makhluk buas yang ada di film-film Harry Potter dan Fantastic Beasts.

Tentang Gim ‘Harry Potter: Wizards Unite’

Sebelum cuplikan videonya dirilis, saya sempat beranggapan jika gim ini akan mempunyai mekanik dan sistem permainan yang sama dengan Pokèmon Go, dengan perbedaan yang terletak pada karakternya saja. Namun, meskipun anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, ada hal yang cukup menarik dari Wizards Unite yang tidak dimiliki oleh Pokèmon Go. Salah satu contohnya adalah adanya misi atau alur cerita yang perlu diikuti ketika memainkan gim ini.

IKLAN

Alur ceritanya cukup sederhana. Pengguna akan diminta untuk menyelamatkan dunia sihir, termasuk karakter dan makhuk buas yang ada di dalamnya. Pengguna akan menjadi bagian dari Statute of Secrecy Task Force, sebuah organisasi yang didirikan oleh Mentri Persulapan (Ministry of Magic) dan Konfederasi Internasional Pesulap (International Confederation of Wizards). Dari situ, pengguna akan menyelidiki dan menghadapi suatu fenomena yang dapat membahayakan dunia sihir, yang disebut Calamity.

Calamity, menurut alur cerita dari gim ini, merupakan suatu fenomena di mana artifak, makhluk buas, ingatan, dan orang-orang dari dunia sihir muncul di dunia nyata, atau Muggle World. Di gim ini, benda-benda tersebut nanti akan dipanggil Foundables.

Misi pengguna adalah menyelamatkan dan mengembalikan semua Foundables yang ditemukan ke tempat asalnya. Selain itu, Foundables juga memiliki tingkat kelangkaan. Semakin langka sebuah Foundable, maka semakin besar juga poin dan hadiah yang akan didapatkan ketika mengembalikannya.

Selain itu, pengguna juga dapat memilih profesi dalam memainkan Wizards Unite, seperti Auror, Magizoologist, atau Profesor. Masing-masing profesi menawarkan keterampilan dan kemampuan unik untuk membantu pengguna dalam memainkan gim ini.

Niantic Umumkan Gim AR Baru, 'Harry Potter: Wizards Unite'
Gambar: Niantic

Di Wizards Unite, Niantic juga akan menyertakan fitur pertarungan antar pengguna dalam waktu nyata. Pertarungan ini dapat dilakukan di sebuah Fortress, yang merupakan salah satu bangunan di dalam gim. Pengguna dapat bekerja sama dengan pengguna lain untuk menghadapi karakter jahat di gim ini, termasuk Death Eaters, Dementor, dan karakter lainnya. Pertarungan ini juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan Foundable yang lebih langka dari yang biasa ditemukan di jalan.

Jadwal Rilis ‘Harry Potter: Wizards Unite’

Jadwal perilisan gim Harry Potter: Wizards Unite ini masih belum diumumkan oleh Niantic dan WB Games. Namun, pengguna dapat melakukan pra-pendaftaran melalui halaman situsnya langsung. Untuk pengguna Android, pra-pendaftaran juga dapat dilakukan melalui halaman Play Store untuk gim ini.

Saya sendiri sudah melakukan pra-pendaftaran, dan tidak sabar menunggu gim ini dirilis. Saya penasaran dengan penerapan AR yang nantinya akan dilakukan Portkey dan Niantic. Saya berharap jika teknologi AR yang akan ditawarkan di gim ini memiliki peningkatan dari apa yang dulu ditawarkan di Pokèmon Go saat pertama kali diluncurkan, seperti pengurangan bug, dukungan yang lebih baik untuk ponsel kelas bawah, dll.

Diperbarui 29/11/2019: Penyesuaian gambar unggulan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji coba terlebih dahulu, dan telah...