Pengertian dan Fungsi dari Project Treble

Apa itu Project Treble?

Pilihan

Windows 7 Dapatkan Satu Pembaruan Terakhir

Microsoft mengakhiri dukungannya untuk Windows 7 pada 14 Januari lalu, dan merilis sejumlah pembaruan terakhir pada tanggal yang sama....

Rocket League Hentikan Dukungan untuk macOS dan Linux

Psyonix hari ini mengumumkan jika akan menghentikan dukungan untuk gim populernya, Rocket League, pada platform macOS dan Linux. Pembaruan...

DM Twitter Dapatkan Fitur Reaksi Emoji

Pengguna Twitter kini dapat memberikan reaksi emoji pada pesan yang diterima melalui DM, menurut pengumuman yang diterbitkan oleh perusahaan. Dengan...

Techland Tunda Perilisan Gim ‘Dying Light 2’

Techland mengumumkan jika akan menunda perilisan gim terbarunya, Dying Light 2. Gim ini, sebagai informasi, pertama kali dijadwalkan untuk dirilis...

Pabrikan membutuhkan waktu yang lama untuk meningkatkan OS Android yang dipakai pada ponsel buatannya. Untuk mengatasinya, Google ingin merilis modul yang dapat mempercepat proses pendistribusian OS terbaru pada ponsel Android, yang akan dipanggil Project Treble. Modul ini, rencananya, akan didistribusikan bersamaan dengan Android Oreo.

Masalah lamanya pendistribusian versi Android terbaru telah dirasakan sejak lama. Faktanya, versi terbaru Android, ketika artikel ini ditulis, adalah Android 7.1 Nougat. Namun, per 2 Mei 2017, hanya ada 0,2% dari keseluruhan ponsel Android yang aktif menggunakannya.

IKLAN

Versi Android yang paling populer saat ini adalah Android 6.0 Marshmallow, yang sedang dipakai pada 32,5% ponsel, meski telah diluncurkan sejak tahun 2015 lalu. Android 4.4 KitKat yang dirilis sejak 2013 lalu, di sisi lain, juga masih terinstal pada 18,8% perangkat aktif.

Pengertian Project Treble
Gambar: Google

Tim pengembang Android berpendapat jika lamanya proses pendistribusian ini disebabkan oleh pabrikan yang harus membuat penyesuaian terhadap kodenya terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan oleh setiap pabrikan ketika ingin meningkatkan OS Android pada ponsel buatannya:

  • Tim pengembang Android menerbitkan kode sumber terbuka untuk rilisan terbaru.
  • Pabrikan silikon yang membuat cip, seperti Qualcomm, mendapatkan kode tersebut, dan membuat penyesuaian untuk kebutuhan perangkat kerasnya.
  • Pabrikan silikon merilis kode yang telah dimodifikasi sebelumnya, untuk kemudian digunakan dan dimodifikasi kembali oleh pabrikan ponsel.
  • Pabrikan ponsel bekerja sama dengan operator seluler untuk menguji dan melayakkan rilisan yang telah dimodifikasi.
  • Setelah dinyatakan laya, pabrikan baru merilisnya untuk pengguna.

Apa itu Project Treble?

Fungsi utama dari modul Project Treble adalah untuk mempercepat pendistribusian versi Android terbaru oleh pabrikan. Melalui modul ini, Google ingin memisahkan impletentasi vendor yang dibuat oleh pabrikan dari karangka kerja utama Android.

Implementasi vendor, secara teknis, merupakan salah satu pekerjaan yang pertama kali dilakukan oleh pabrikan ketika ingin meningkatkan OS Android pada ponsel buatannya. Ini dilakukan agar pabrikan dapat menyematkan fitur bawaan pada ponselnya sebelum dirilis. Pekerjaan ini biasanya melibatkan penyesuaian perangkat lunak dan perangkat keras pada ponsel, dan menurut Google, memakan waktu yang lama.

Pengertian Project Treble
Gambar: Google

Sederhananya, bila kerangka kerja Android bercampur dengan fitur bawaan yang dibuat oleh pabrikan, dengan kode yang berbeda dengan yang dibuat oleh Google, maka sebelumnya pabrikan telah menyesuaikan dan memodifikasi kodenya. Proses ini tentu memakan waktu yang tidak sebentar. Namun, jika kode inti dari kerangka kerja Android dipisahkan dari kode fitur bawaan, maka pabrikan tidak perlu lagi melakukan penyesuaian.

Yang perlu dilakukan oleh pabrikan, di sisi lain, hanyalah memperbarui kode dari kerangka kerja untuk diterapkan pada OS Android terbarunya. Ini, dipercaya Google, akan mempersingkat waktu yang dibutuhkan oleh pabrikan untuk mendistribusikan versi Android terbaru pada ponsel buatannya.

Modul Project Treble sendiri, menurut saya, merupakan salah satu pembaruan yang paling penting yang pernah dirilis oleh Google. Modul ini sudah tersedia melalui versi Developer Preview pertama untuk Android Oreo, dan akan diimplementasikan ke semua perangkat baru yang diluncurkan dengan OS tersebut.

Selain itu, ada beberapa pabrikan yang juga telah mengimplementasikan modul Project Treble untuk ponsel lama yang sebelumnya tidak dirilis dengan Android Oreo. Saya sudah merangkum daftarnya melalui artikel berikut.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Windows 7 Dapatkan Satu Pembaruan Terakhir

Microsoft mengakhiri dukungannya untuk Windows 7 pada 14 Januari lalu, dan merilis...

Rocket League Hentikan Dukungan untuk macOS dan Linux

Psyonix hari ini mengumumkan jika akan menghentikan dukungan untuk gim populernya, Rocket League, pada platform macOS dan Linux. Pembaruan terakhir akan diluncurkan pada bulan...

DM Twitter Dapatkan Fitur Reaksi Emoji

Pengguna Twitter kini dapat memberikan reaksi emoji pada pesan yang diterima melalui DM, menurut pengumuman yang diterbitkan oleh perusahaan. Dengan ini, pengguna dapat menjawab suatu...

Techland Tunda Perilisan Gim ‘Dying Light 2’

Techland mengumumkan jika akan menunda perilisan gim terbarunya, Dying Light 2. Gim ini, sebagai informasi, pertama kali dijadwalkan untuk dirilis pada musim gugur mendatang. Pengumuman yang...