Peramban Vivaldi Meluncur untuk Android

Kali pertama Vivaldi dirilis untuk perangkat ponsel.

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Vivaldi, peramban yang dikembangkan oleh Co-founder dan dan mantan CEO Opera, Jon von Tetzchner, kini tersedia untuk perangkat Android. Vivaldi sendiri terkenal dengan fiturnya yang lengkap, mudah untuk disesuaikan, dan dapat memberikan keamanan bagi privasi penggunanya.

Vivaldi sebelumnya telah tersedia untuk perangkat Windows, Mac, dan Linux sejak tiga tahun lalu. Sama seperti Microsoft Edge terbaru, Vivaldi untuk desktop juga dikembangkan berdasarkan Chromium, namun menawarkan antarmukanya sendiri dengan beberapa fitur unik. Vivaldi juga merupakan salah satu peramban yang mengizinkan penggunanya untuk menyesuaikan fitur yang ditawarkan.

IKLAN

Vivaldi Android
Kredit gambar: Vivaldi

Vivaldi untuk Android juga memiliki fitur yang hampir sama seperti yang ditawarkan untuk desktop, meskipun ada beberapa yang tidak dibawanya. Pengguna akan dipaparkan dengan halaman Speed Dial ketika membuka sebuah tab baru, yang juga akan menampilkan jalan pintas, markah, dan daftar situs favorit yang dapat diatur dan diakses dengan satu sentuhan.

Vivaldi untuk Android juga menyediakan jalan pintas untuk mengakses mesin pencari. Pengguna dapat mengetikkan huruf “d” pada kotak alamat untuk melakukan pencarian dengan DuckDuckGo, atau “g” untuk melakukannya menggunakan Google.

Navigasi yang disediakan juga mudah digunakan, karena terletak pada bagian bawah aplikasi. Melalui navigasi, pengguna dapat mengakses tab yang sedang dibuka, tombol kembali dan maju, serta tombol panel untuk mengakses markah, riwayat, catatan, dan unduhan. Selain itu, yang paling saya suka, pengguna juga dapat menggeser navigasi tersebut ke arah kiri atau kanan untuk beralih antar tab yang sedang terbuka.

Vivaldi Android
Kredit gambar: Vivaldi

IKLAN

Vivaldi untuk Android juga menyediakan mode gelap, yang dapat menyamankan proses berselancar internet di malah hari. Ada juga fitur Screen Capture untuk membuat tangkapan layar, baik untuk area yang sedang terlihat, maupun keseluruhan dari suatu halaman situs web. Vivaldi juga memberikan pilihan untuk menonaktifkan pelacak, yang biasanya digunakan oleh situs web untuk menampilkan iklan tertarget.

Semua pengaturan yang sudah disesuaikan, termasuk daftar riwayat, Speed Dial, markah, kata sandi, dan catatan dapat disinkronkan dengan perangkat lainnya yang juga terinstal Vivaldi. Sinkronisasi dilakukan melalui akun pengguna, dan prosesnya dilakukan menggunakan enkripsi End-to-end. Enkripsi ini akan mencegah Vivaldi, atau pihak ketiga lainnya, untuk melihat apa yang disinkronkan.

Vivaldi dirilis untuk perangkat Android dalam versi beta. Pengguna dapat mengundunya melalui Play Store, yang dapat diakses melalui tautan berikut.

Diperbarui 13/12/2019: Penyesuaian gambar unggulan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...