Samsung Akan Rilis Android Oreo untuk Galaxy S8 dan S8 Plus

Membawa pembaruan untuk Samsung Keyboard.

Pilihan

Techland Tunda Perlisan Gim ‘Dying Light 2’

Techland mengumumkan jika akan menunda perilisan gim terbarunya, Dying Light 2. Gim ini, sebagai informasi, pertama kali dijadwalkan untuk dirilis...

Netflix Segera Hadirkan Film Anime dari Studio Ghibli

Netflix telah mendapatkan hak untuk menayangkan 21 film anime dari Studio Ghibli, termasuk Spirited Away, Princess Mononoke, dan My...

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Samsung, dalam waktu dekat, akan merilis Android Oreo untuk ponsel unggulannya, Galaxy S8 dan S8 Plus. Pembaruan ini akan membawa Samsung Experience 9.0 Beta, dan sejumlah perbaikan dan fitur baru.

Meskipun akan memperbaruinya ke Android Oreo, Samsung tidak akan menambahkan fitur Project Treble untuk Galaxy S8 dan S8 Plus. Project Treble kian menjadi salah satu fitur penting, yang dapat mempercepat proses pembaruan ponsel Android.

Terlepas dari Project Treble, saya sudah merangkum sejumlah fitur baru yang mungkin akan dibawa Galaxy S8 dan S8 Plus ketika menjalankan Android Oreo. Fitur-fitur barunya meliputi:

1. Good Lock

IKLAN

Good Lock
Gambar: /u/zOmbieunit / Reddit

Jika pernah menggunakan TouchWiz berbasis Android pada Galaxy S7, pengguna pasti telah mengenal antarmuka Good Lock. Good Lock merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengedit tampilan antarmuka TouchWiz.

Tampilan yang dapat diedit adalah elemen dari antarmuka OS, seperti layar kunci, bilah status, dan panel Quick Settings. Menu Recent Apps, yang menunjukkan aplikasi yang baru saja dipakai, juga dapat diedit.

Pengguna dapat membuat tampilannya menyerupai kartu, seperti yang terlihat pada tangkapan layar berikut. Penyesuaian ini, dipercaya oleh banyak pengguna, dapat meringankan kinerja ponsel.

2. Samsung Keyboard

Samsung Keyboard
Gambar: SamMobile

Melalui Samsung Experience 9.0 Beta, aplikasi papan tik bawaan Samsung, Samsung Keyboard, juga diperbarui. Samsung menambahkan menu bergaya bilah alat untuk mempermudah akses terhadap pengaturan papan tiknya. Selain itu, Samsung Keyboard juga telah dilengkapi dengan jalan pintas untuk mengirim GIF dan empat pilihan kontras untuk meningkatkan visibilitas layar.

3. Efek Pencahayaan pada Lengkungan Ponsel Edge

Fitur lainnya adalah Edge Lighting. Fitur ini dapat mencerahkan lengkungan layar ponsel AMOLED setiap ada notifikasi masuk.

Edge Lighting
Gambar: SamMobile

Melalui Samsung Experience 9.0 Beta, Edge Lighting akan memiliki efek pencahayaan yang lebih banyak. Akan ada juga efek Glitter, yang dapat menampilkan urutan warna secara acak, dan efek multi warna yang dapat berputar mengelilingi lengkungan ponsel.

4. Kustomisasi Layar Kunci

Samsung Experience 9.0 akan membawa sejumlah opsi penyesuaian terhadap layar kunci yang sedang dipakai, termasuk opsi pewarnaan baru yang dapat menyesuaikan warna jam dan warna latar belakang ponsel. Selain itu, jam yang ditampilkan pada layar kunci juga akan dapat disesuaikan untuk menampilkan jam, menit, dan detik secara bersamaan.

Kustomisasi Layar Kunci
Gambar: GadgetHacks.com

Melalui Samsung Experience 9.0 Beta, pengguna juga dapat mengubah gaya dari jam yang sedang ditampilkan pada layar kunci. Kustomisasi terhadap apa yang ditampilkan pada layar AOD (Always On Display) juga akan dapat diatur.

Fitur-fitur lainnya juga meliputi:

  • Meningkatnya kecepatan dan keamanan untuk Samsung Pay;
  • Pemutar video bawaan kini juga memiliki kontrol Auto-Repeat dan 2X Speed;
  • Adanya notifikasi pemberitahuan untuk melacak jumlah langkah melalui Samsung Health;
  • Widget jam digital dapat disentuh untuk menampilkan aplikasi Jam.

Sebuah utas pada laman XDA menjelaskan secara rinci terkait semua fitur yang “mungkin” akan dibawa oleh Galaxy S8 dan S8 Plus melalui Samsung Experience 9.0 Beta. Pengguna dapat mengaksesnya melalui tautan berikut.

Diperbarui 16/12/2019: Penyesuaian gambar unggulan.

IKLAN
ViaXDA

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Techland Tunda Perlisan Gim ‘Dying Light 2’

Techland mengumumkan jika akan menunda perilisan gim terbarunya, Dying Light 2. Gim ini,...

Netflix Segera Hadirkan Film Anime dari Studio Ghibli

Netflix telah mendapatkan hak untuk menayangkan 21 film anime dari Studio Ghibli, termasuk Spirited Away, Princess Mononoke, dan My Neighbor Totoro. Netflix akan menambahkan...

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor ini ditenagai dengan cip Kirin...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...