Samsung Menguji Koneksi 5G Miliknya di Jepang

Baru akan dipasarkan di 2020.

Pilihan

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji...

Samsung baru saja menguji koneksi 5G miliknya di Jepang. Uji coba ini dilakukan di sebuah kereta yang bergerak dengan kecepatan tinggi. Dalam melakukannya, Samsung bekerja sama dengan operator telekomunikasi asal Jepang, KDDI.

Untuk menguji coba koneksi 5G ini, Samsung menggabungkan Router 5G, 5G Radio Access Unit, Virtualised RAN (vRAN), dan Virtualised Core. Kereta yang digunakan melaju dengan kecepatan lebih dari 100 km/jam yang menempuh dua stasiun di Saitama, Jepang. Masing-masing stasiun berjarak sekitar 1,5 km.

Uji coba ini melibatkan video beresolusi 8K yang diunduh, dan video beresolusi 4K yang difilmkan dan diunggah menggunakan Router 5G yang berada di dalam kereta. Kecepatan yang diperoleh mencapai 1,7 Gbps untuk akses downlink dan uplink.

IKLAN

Menurut Samsung, tes tersebut menunjukkan bagaimana koneksi 5G dapat digunakan oleh penumpang kereta yang berkecepatan tinggi; termasuk pihak kereta yang juga dapat menyediakan akses Wi-Fi melalui koneksi ini di dalam keretanya. Selain itu, koneksi ini nantinya juga dapat digunakan untuk memberikan layanan hiburan dan informasi dengan fitur keamanan yang memadai.

Dikutip dari ZDNet, Yoshiaki Uchida, selaku Senior Managing Executive Officer di KDDI, mengatakan jika KDDI akan meluncurkan dan memasarkan koneksi 5G selambat-lambatnya di tahun 2020 mendatang. Pihaknya juga akan terus meneliti dan melakukan uji coba penggunaan, pita spektrum, dan teknologi 5G ini dengan Samsung.

Samsung sendiri telah berpengalaman dalam mengembangkan gelombang milimeter (mmWave) 5G sejak tahun 2015 lalu. “Melalui kolaborasi dengan Samsung, KDDI telah membuka kesematan untuk melakukan bisnis 5G model baru, seperti penggunaanya di kereta berkecepatan tinggi,” ucap Uchida.

Selain dengan KDDI, Samsung juga telah bekerja sama dengan SK Telecom untuk menguji coba koneksi 5G. Pada bulan September lalu, Samsung mengumumkan jika telah melakukan penggabungan pertama antara jaringan 4G LTE dengan spektrum 26 GHz. Samsung juga berhasil menggabungkan jaringan 5G dengan spektrum 28 GHz dan 35 GHz.

SK Telecom dan Samsung juga telah membangun sebuah stasiun radio 4G dan 5G dengan jaringan virtual yang bermarkas di Seoul. Mereka biasa melakukan uji coba koneksi dengan melakukan streaming video Virtual Reality 360 derajat dari markasnya menggunakan kendaraan yang sedang bergerak.

Selain itu, Samsung juga bekerja sama dengan Charter Communications di Amerika Serikat. Keduanya telah melakukan serangkaian percobaan di laboratorium dan lapangan untuk mengevaluasi penggunaan jaringan 5G dengan spektrum mmWave 28 GHz pada bulan September lalu.

Samsung juga berkolaborasi dengan Sprint, Verizon, T-Mobile, dan AT&T untuk peningkatan koneksi jaringan. Kabar terakhir juga menyebutkan jika Samsung telah mengembangkan antena 5G, Power Amplifier, dan 5G RFIC yang akan digunakan di markas dan laboratorium percobaannya.

Diperbarui 20/11/2019: Penyesuaian gambar unggulan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji coba terlebih dahulu, dan telah...