5 Software Mining Bitcoin Terbaik Edisi 2019

Software-software untuk menambang Bitcoin berikut kebanyakan multi-platform, jadi dapat dipasang di Windows, Linux, dan Mac.

Pilihan

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji...

Untuk melakukan mining (penambangan) Bitcoin, pengguna setidaknya membutuhkan seperangkat hardware dan sebuah software. Keduanya merupakan komponen penting untuk melakukan proses penambangan Bitcoin. Perangkat keras digunakan untuk menangani proses dari penambangan tersebut, sedangkan perangkat lunak bertugas untuk menjalankan permintaan proses yang kemudian akan ditangani oleh perangkat keras. Karena bermacam-macam, nerikut sudah saya rangkum beberapa software mining Bitcoin terbaik yang dapat pengguna gunakan di Windows, Linux, dan Mac OS.

Selain menawarkan fitur yang berbeda-beda, setiap perangkat lunak penambangan Bitcoin juga memiliki fungsinya tersendiri sesuai dengan penggunanya:

  • Jika pengguna adalah solo miner, maka perangkat lunak digunakan untuk menghubungkan Bitcoin miner pengguna ke suatu blockchain;
  • Jika pengguna melakukan penambangan menggunakan pool, maka perangkat lunak digunakan untuk menghubungkan pengguna ke penambangan pool tersebut;
  • Jika pengguna melakukan penambangan menggunakan cloud, maka pengguna tidak membutuhkan sebuah perangkat lunak.

5 Software Mining Terbaik di Windows, Linux, dan Mac OS Edisi 2019

Tugas utama dari perangkat lunak penambangan Bitcoin ini adalah untuk menugaskan perangkat keras melakukan penambangan ke jaringan Bitcoin lainnya. Perangkat lunak yang digunakan juga berfungsi untuk menerima hasil dari tugas tadi ke jaringan yang digunakan pengguna.

IKLAN

Perangkat lunak penambangan Bictoin juga memonitor input dan output dari penambang, perangkat lunak yang pengguna gunakan. Perangkat lunak tersebut juga akan menampilkan statistik perangkat keras, seperti kecepatan, hashrate, serta kecepatan kipas dan suhu.

1. Bitcoin Miner

Software mining Bitcoin terbaik pertama yang ingin saya bahas adalah Bitcoin Miner. Pengguna menggunakan Bitcoin Miner di Windows 8, Windows 10, dan Mac OS. Perangkat lunak ini memiliki antarmuka yang mudah digunakan, mode hemat daya, mendukung pool mining dan menawarkan pengiriman data yang cepat.

Software mining Bitcoin terbaik
Kredit gambar: GroupFabric Inc

Salah satu fitur terbaiknya adalah fitur pencatat laporan keuntungan. Fitur ini akan membantu pengguna mengetahui apakah penambangan Bitcoin yang dilakukan itu menguntungkan atau tidak. Ketika artikel ini ditulis, versi terbaru dari perangkat lunak ini adalah Bitcoin Miner 1.58.0.

Unduh Bitcoin Miner

2. MultiMiner

Perangkat lunak penambangan Bitcoin kedua yang ingin saya bahas adalah MultiMiner. Perangkat lunak ini berbasis GUI, dan merukapan salah satu yang paling user-friendly. Maka dari itu, MultiMiner cocok digunakan untuk pemula yang ingin mencoba menambang Bictoin.

Software mining Bitcoin terbaik
Kredit gambar: nwoolls

MultiMiner memungkinkan pengguna untuk memiliki koin apa yang ingin ditambang pada setiap perangkat yang terhubung (GPU, ASIC, FGPA). Selain itu, MultiMiner juga memiliki fitur lain, seperti opsi untuk memilih strategi penambangan, akses remote ke perangkat penambang, dan juga tooltips yang disediakan untuk membantu pengguna memahami istilah-istilah yang dipakai ketika menambang Bitcoin.

Untuk saat ini, pengguna dapat menjalankan MultiMiner di Windows. Pemasangan MultiMiner di sistem operasi lainnya tidak mudah dilakukan. Pengguna dapat membuka tautan berikut untuk lebih jelasnya.

Unduh MultiMiner

3. CGMiner

CGMiner merupakan salah satu software mining terbaik yang saya ketahui. Perangkat lunak ini juga bisa dibilang merupakan yang paling populer dan biasa digunakan di kalangan penambang Bitcoin saat ini. Perangkat lunak ini memiliki banyak fitur, namun yang utama diantaranya:

  • Fan speed control;
  • Remote interface capabilities;
  • Self-detection of new blocks with a mini database;
  • Multi GPU support;
  • CPU mining support.

Software mining Bitcoin terbaik
Kredit gambar: Crypto Mining Blog

Sayangnya, CGMiner menggunakan antarmuka tekstual. Dengan kata lain, CGMiner merupakan perangkat lunak yang dijalankan menggunakan command line. Namun, kabar baiknya, CGMiner dapat digunakan di Windows, Linux, dan Mac OS.

Unduh CGMiner

4. BFGMiner

BFGMiner kurang lebih hampir sama dengan CGMiner, yaitu juga menggunakan antarmuka tekstual. Satu-satunya yang membedakan adalah perangkat lunak ini tidak berfokus pada penggunaan GPU seperti CGMiner, namun dirancang khusus untuk ASICs. BFGMiner memiliki fitur seperti dynamic clocking, monitoring dan remote interface.

Software mining Bitcoin terbaik
Kredit gambar: nwoolls

BFGMiner adalah perangkat lunak penambangan Bitcoin yang dapat digunakan di Windows, Linux, dan Mac OS. Perangkat lunak ini juga memiliki opsi untuk dipasang di Raspberry Pi.

Unduh BFGMiner

5. EasyMiner

Software mining Bitcoin terbaik lainnya adalah EasyMiner. Tidak seperti BFGMiner dan CGMiner, perangkat lunak ini berbasis GUI. Perangkat lunak ini mendukung protokol penambangan getwork, serta protokol penambangan stratum. Selain itu, perangkat lunak ini juga bisa digunakan untuk pertambangan solo dan gabungan.

Software mining Bitcoin terbaik
Kredit gambar: EasyMiner

EasyMiner bisa dikatakan sebagai penengah bagi yang bingung memilih antara CGMiner dan BFGMiner. Untak saat ini, peranglkat lunak ini hanya tersedia secara resmi untuk Windows. Namun, pengguna dapat mencoba versi tidak resminya untuk Ubuntu melalui tautan berikut.

Unduh EasyMiner

Catatan: Fitur yang disebutkan di masing-masing software di atas adalah sebagian dari fitur yang ditawarkan oleh setiap software, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi langsung halaman situs software tersebut, atau langsung memasangnya, untuk melihat fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari software mining Bitcoin terbaik. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

2 Komentar

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji coba terlebih dahulu, dan telah...