Twitter Nonaktifkan Pengiriman Twit melalui SMS

Setelah adanya peretasan pada akun CEO.

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Twitter untuk sementara telah menonaktifkan fitur untuk mengirim twit melalui SMS. Ini dilakukan setelah fitur tersebut disalah gunakan oleh peretas untuk mengirim twit yang tidak pantas dari akun Jack Dorsey, CEO Twitter, dan beberapa akun selebriti lainnya.

Pada kasus yang menimpa Jack, peretas menggunakan nomor ponsel yang terdaftar di akunnya untuk mengirim Twit yang tidak senonoh. Teknik ini memang sering digunakan untuk melakukan tindak peretasan, yang bisa dilakukan tanpa harus masuk ke akun target. Oleh karena itu, Twitter menonaktifkannya karena ingin “melindungi akun penggunanya.”

IKLAN

Melalui sebuah utas, layanan dukungan Twitter menjelaskan jika ada ancaman kerentanan yang masih perlu ditangani oleh operator seluler. Twitter juga menjelaskan jika nomor ponsel memiliki peran penting untuk keamanan dua faktor, atau 2FA, yang sedang digunakannya. Twitter menyebut jika peretas dapat menembus keamanan 2FA dengan cara yang sama, dan Twitter sedang bekerja untuk meningkatkannya.

Berapa lama fitur ini akan dinonaktifkan masih belum pasti. Namun, Twitter mengatakan jika akan mengaktifkannya pertama kali untuk daerah yang benar-benar membutuhkan SMS untuk mengirim twit di Twitter.

“Kami akan segera mengaktifkan kembali fitur ini di daerah yang bergantung pada SMS untuk melakukan komunikasi yang andal, selagi kami mengerjakan strategi jangka panjang terkait fitur ini,” jelas Twitter melalui utas yang sama.

Fitur pengiriman twit melalui SMS telah menjadi elemen penting yag ada sejak pertama kali Twitter dirilis. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, banyak pengguna yang juga telah meninggalkannya, dan beralih untuk mengirim twit melalui aplikasi atau situs web Twitter.

IKLAN

Oleh karena itu, menonaktifkanya sekarang tidak akan memberi dampak yang signifikan terhadap kelangsungan Twitter, namun merupakan kenyataan yang pahit. Tidak memiliki solusi, kecuali dengan menonaktifkannya, terhadap masalah kerentanan yang sedang dihadapi membuat kebijakan keamanan Twitter perlu dipertanyakan.

Diperbarui 12/12/2019: Penyesuaian gambar unggulan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...