Windows OEM dan Perbedaannya dengan Versi Retail

Windows OEM dan Windows Retail masing-masing merupakan produk orsinil Windows, namun dengan sedikit perbedaan — thanks to Microsoft's confusing licensing system.

Pilihan

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji...

Dua versi Windows yang paling dikenal oleh banyak pengguna adalah Windows OEM dan Windows Retail. Keduanya merupakan produk orisinil Windows, namun dengan “perlakuan” yang berbeda. Berikut akan saya coba jelaskan pengertian dari Windows OEM beserta perbedaannya dengan Windows Retail, yang terkadang banyak membingungkan pengguna.

Apa itu Windows OEM?

Sebelum membahas tentang pengertian dari Windows OEM, ada baiknya saya membahas tentang istilah OEM terlebih dahulu. OEM adalah singkatan dari Original Equipment Manufacturer, atau jika diterjemahkan secara harfiah, merupakan produsen peralatan asli. Menurut Wikipedia, OEM “memproduksi produk atau komponen yang kemudian dibeli oleh perusahaan lain dengan memakai merek dagang dari perusahaan pembeli tersebut.”

Secara teknis, Microsoft yang memproduksi Windows merupakan sebuah OEM, di mana OS tersebut telah dikirimkan bersamaan dengan PC yang diproduksi oleh PC Vendor, seperti Dell, HP, MSI, dll. Dari sini, istilah Windows OEM mulai bermunculan dan banyak dipakai untuk membedakannya dengan Windows versi lainnya.

IKLAN

Oleh karena itu, Windows OEM adalah Windows yang dikirimkan oleh Microsoft secara bersamaan dengan PC, laptop atau desktop, yang telah diproduksi oleh PC Vendor. Dengan kata lain, Windows OEM merupakan Windows yang telah dipasang sebelumnya, atau pre-installed, pada PC sejak pertama kali dibeli.

Istilah Windows OEM sendiri telah ada dan digunakan oleh Microsoft selama bertahun-tahun silam. Sebelum Windows 10, kita telah dikenalkan dengan Windows OEM untuk Windows XP, Windows 7, dan bahkan juga Windows 2000.

Perbedaan Windows OEM dan Windows Retail

Baik menggunakan Windows OEM maupun Windows Retail, pengguna sama-sama akan mendapatkan semua fitur yang tersedia, beserta dengan semua pembaruan yang akan didistribusi oleh Microsoft. Selain itu, sama dengan Windows Retail, pengguna juga disediakan dengan Windows OEM 32-bit dan 64-bit.

Namun, meskipun keduanya cukup identik, ada beberapa hal yang membuatnya berbeda. Berikut adalah perbedaan dari Windows OEM dan Windows Retail:

Ketersediaan

Windows OEM hanya disediakan untuk satu perangkat saja. Dengan kata lain, kunci produk, atau product key, dari Windows OEM tidak bisa dipakai di perangkat yang berbeda. Kenapa demikian? Karena kunci produk Windows OEM dikaitkan ke motherboard dari perangkat tersebut.

Lain halnya dengan Windows Retail, meskipun kunci produknya juga hanya dapat digunakan di satu perangkat, kunci tersebut dapat ditransfer ke perangkat lain, dengan catatan: kunci produk yang dimaksud tidak sedang dipakai di perangkat sebelumnya.

Biasanya, kunci produk Windows OEM ditampilkan di bagian bawah laptop menggunakan stiker. Namun, untuk sekarang, kunci tersebut telah disematkan langsung ke firmware (BIOS atau UEFI) perangkat, dan dipakai oleh Windows hanya ketika dibutuhkan.

Menurut saya, cara ini dilakukan untuk tidak merepotkan pengguna yang harus membolak-balik laptop untuk mengecek kunci produk tersebut. Selain itu, cara ini juga dapat mencegah agar kunci produk yang tertempel pada stiker tidak luntur.

Harga

Salah satu perbedaan lainnya adalah harga, di mana harga lisensi Windows OEM lebih murah dari Windows Retail. Alasannya cukup sederhana: yaitu karena PC Vendor, seperti Dell, HP, dan MSI, membelinya dengan jumlah yang banyak.

Dukungan

Satu alasan lagi kenapa Microsoft menjual lisensi Windows OEM dengan harga yang lebih murah dari Windows Retail yaitu karena tidak tersedianya layanan dukungan, atau tech support. Artinya, pengguna tidak dapat menanyakan atau meminta solusi kepada layanan dukungan dari Microsoft terhadap masalah yang dihadapi terkait dengan Windows yang sedang dipakai.

Namun, biasanya, PC Vendor juga telah menyediakan layanan dukungannya sendiri jika penggunanya memiliki masalah terkait dengan PC mereka.

Upgrade

Dengan menggunakan Windows OEM, pengguna tidak dapat melakukan peningkatan OS. Misalnya, ketika sedang menggunakan Windows 7 atau 8.1, maka pengguna tidak dapat meningkatkannya ke Windows 10. Oleh karena itu, untuk dapat melakukan peningkatan, salah satu caranya adalah dengan melakukan pemasangan Windows dari awal, atau clean install.

Menentukan Pilihan: Windows OEM atau Windows Retail

Perbedaan yang paling berarti mungkin adalah kunci produk yang sudah terkait pada motherboard perangkat. Kabar baik dari kenyataan tersebut, pengguna tidak perlu lagi membeli lisensi Windows jika PC yang dibeli sudah disertai dengan kunci produk. Kabar buruknya, pengguna juga dapat kehilangan lisensi tersebut jika memutuskan untuk menjual PC tersebut di kemudian hari.

Saya sendiri tidak memiliki pengalaman menggunakan Windows OEM, karena laptop-laptop yang pernah saya beli tidak disertai dengan Windows yang sudah terpasang sebelumnya. Namun, menurut saya, pengguna tidak akan mengalami perbedaan penggunaan yang signifikan, karena masing-masing Windows OEM dan Windows Retail disertai dengan fitur-fitur yang sama, serta pembaruan yang sama pula.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji coba terlebih dahulu, dan telah...