Adobe resmi meluncurkan layanan baru bernama Adobe AI Foundry. Layanan ini dirancang untuk membantu perusahaan membangun model AI generatif yang sepenuhnya dapat disesuaikan dengan aset, identitas merek, dan hak kekayaan intelektual perusahaan itu sendiri.
Dikemangkan berdasarkan teknologi model Firefly, Foundry memungkinkan perusahaan melakukan pelatihan tambahan pada model yang dibuat agar sesuai dengan gaya visual, warna, dan panduan merek perushaan masing-masing. Pendekatan ini memungkinkan organisasi menghasilkan konten seperti gambar, video, teks, hingga adegan 3D yang konsisten dengan identitas mereka.
Adobe menyebut bahwa layanan ini dikembangkan sebagai tanggapan terhadap meningkatnya kebutuhan perusahaan akan AI yang aman digunakan untuk konten bermerek. Dengan Foundry, perusahaan mampu menghasilkan variasi iklan, materi kampanye, atau konten multi-bahasa dengan tingkat efisiensi tinggi, tanpa mengorbankan konsistensi gaya visual.
Tidak seperti lisensi berbasis pengguna yang umum digunakan Adobe, AI Foundry mengadopsi lisensi dengan harga berbasis pada penggunaan, memberi fleksibilitas lebih bagi perusahaan besar. Adobe juga menyebut bahwa data pelanggan yang digunakan untuk pelatihan model tetap aman dan tidak digunakan untuk melatih model yang digunakan khalayak umum.
Mengombinasikan kreativitas dan konsistensi visual merek dagang, AI Foundry berpotensi menjadi standar baru dalam penerapan AI generatif di dunia korporat. Selain itu, AI Foundry memperlihatkan arah masa depan industri kreatif yang semakin mengandalkan AI untuk produksi konten berskala besar, dengan tetap menyuguhkan karakter yang unik.