Apple baru saja mengumumkan Self Service Repair, layanan terbaru yang memungkinkan pengguna untuk memperbaiki perangkatnya sendiri. Self Service Repair mulanya akan mendukung seri ponsel iPhone 12 dan iPhone 13, disusul dengan perangkat Mac berposesor M1 kelak.
Self Service Repair akan menawarkan beragam suku cadang berbeda untuk perangkat yang didukungnya, termasuk layar, baterai, dan kamera, yang akan tersedia untuk dibeli melalui Apple Self Service Repair Online Store. Apple akan menawarkan lebih dari 200 suku cadang berbeda, yang masing-masing akan dilengkapi dengan manual untuk memasangnya.
TechCrunch menyebut pengguna tidak akan membatalkan garansi perangkatnya ketika melakukan perbaikan sendiri, namun garansi akan tetap hangus kalau perangkat mengalami kerusakan yang lebih parah. Maka dari itu, memeriksa manual yang tersedia perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk melakukan perbaikan sendiri.
Dalam pengumumannya, Apple mengatakan:
Self Service Repair is intended for individual technicians with the knowledge and experience to repair electronic devices. For the vast majority of customers, visiting a professional repair provider with certified technicians who use genuine Apple parts is the safest and most reliable way to get a repair.
Apple mengatakan layanan Self Service Repair diperuntukkan bagi pengguna kompeten yang telah berpengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Pengguna yang belum berpengalaman disarankan untuk memperbaiki perangkatnya di gerai terdekat, terutama yang telah bekerja sama dengan Apple dan menawarkan suku cadang resmi.
Apple akan meluncurkan Self Service Repair pertama kali di AS pada awal tahun depan, disusul dengan negara lainnya sepanjang 2022 mendatang. Apple belum mengumumkan harga untuk setiap suku cadang yang akan ditawarkannya, namun menyebut pengguna akan memperoleh kredit ketika mengembalikan bagian ponsel yang rusak setelah melakukan perbaikan.