Google akhirnya meluncurkan dukungan AMP, atau Accelerated Mobile Pages, untuk surel. Dukungan ini diluncurkan dalam versi beta, dan untuk saat ini, hanya tersedia bagi pengguna G Suite melalui Gmail. Google memanggil surel yang mendukung AMP sebuah surel dinamis.
Dukungan AMP ditujukan guna menjadikan surel lebih interaktif, dan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi langsung melalui kotak masuk. Interaksi yang dapat dilakukan beragam, seperti memberi komentar di dokumen Google Docs, berbelanja, mengisi kuesioner, memesan hotel, dsb.
Perusahaan yang telah terdaftar sebagai mitra pengembangan AMP untuk surel termasuk Booking.com, Despegar, Doodle, Ecwid, Freshworks, Nexxt, OYO Rooms, Pinterest, dan redBus. Perusahaan-perusahaan tersebut dapat mengirim surel dinamis kepada pengguna yang terdaftar di milisnya.
Beberapa layanan pengirim surel pihak ketiga yang juga akan mendukung AMP untuk surel termasuk SparkPost, Litmus, Amazon SES, dsb. Selain itu, layanan penyedia surel selain Gmail, termasuk Yahoo Mail, Outlook, dan Mail.ru, dilaporkan juga akan mendukungnya pada masa mendatang. Dukungan AMP untuk surel akan meluncur pertama kali untuk web, dan akan hadir untuk ponsel pada masa mendatang.
Dukungan AMP untuk surel, menurut saya, akan menguntungkan perusahaan yang ingin mempromosikan produknya melalui surel dan memperoleh konversi penjualan darinya. Ia juga tidak akan terhindar dari kontroversi. Layanan penyedia surel, seperti Gmail, dapat mencatat interaksi pengguna yang dilakukan pada platform lain melalui surel dinamis. Data yang dikumpulkan dapat dijual untuk kepentingan periklanan.